Posted On: 03 Oct 2014 ; Read: 978 time(s)
LIFESTYLE : DANA PENSIUN
Apabila saat ini Anda bekerja sebagai karyawan, di jenjang karir apapun, silakan luangkan waktu sejenak untuk review perencanaan keuangan masa pensiun Anda. 
 
Bila Anda saat ini masih di usia 30 – 40 tahunan, ini saat yang paling tepat untuk membuat rencana keuangan masa depan. Tentu kita semua berharap akan diberi umur panjang, bukan?
 
Mengapa? 
 
Anda pasti sadar dong  bahwa dana pensiun yang Anda miliki dari kepesertaan Jamsostek ataupun dana pensiun pilihan lainnya, kebanyakan diambil dari paling tinggi 10% dari gaji Anda saat ini. 
Contoh, Anda Manager, dengan gaji 20 Juta sebulan. Berarti Anda menyisihkan 2 Juta Rupiah sebulan, untuk tabungan masa depan Anda. 
 
Cukup?
 
Lets compare.  Dengan 2 Juta sebulan yang Anda ‘tabung’, apakah Anda pikir Anda dapat mengganti 18 Juta yang Anda keluarkan untuk gaya hidup Anda saat ini?
 
Ingat, saat pensiun, si 20 Juta gaji ini tidak datang lagi. Dan si 2 Juta ini, menjadi penggantinya. Kalau Anda menabung dana pensiun 25 tahun, berarti 25 x 12 x 2 Juta, di sini kita anggap sama terus untuk mempermudah perhitungan. Hasilnya 600 Juta, yang sama dengan 20 x 30. Diartikan disini, untuk gaya hidup  yang sama dengan gaji Anda sekarang yang 20 Juta tadi, maka dana pensiun Anda cukup untuk 30 bulan, atau 2.5 tahun saja. 
 
Bagaimana dengan tahun tahun berikutnya? Tentu kita ingin hidup lama, bukan?
 
Ini saya belum hitung depresiasi nilai uang karena inflasi lo. 
 
Jadi, apabila Anda belum menabung sekarang, belum memiliki asset sekarang, silakan review ulang keuangan Anda dan buat perencanaan segera. 
 
Solusinya? 
 
Solusi mengecilkan pengeluaran berarti Anda harus rela hidup tidak nyaman. Paling enak yang tingkatkan pendapatan.
Semakin dini Anda merencanakan, Anda akan semakin cerdas dalam menggunakan uang Anda, dan akan semakin pintar dalam mencari dan ‘menanam’ uang. 
 
Nah, sekarang panik karena tidak punya tabungan dan masa pensiun sudah jelas kelihatan di dalam pikiran Anda? Hubungi saya, untuk solusi pendapatan ekstra hehe. 
 
No, I am serious. Please start think, before its too late and will have to prepare for a downgraded life style.
 

 

Related Article

Posted On: 03 Apr 2014 ; Read: 604 time(s)
Karyawan tidak pernah luput dari resiko kecelakaan dimanapun dan kapanpun, dan bahkan saat mereka sedang berkumpul bersama keluarga di hari libur. [...]
Posted On: 01 Apr 2014 ; Read: 601 time(s)
Kita sebagai manusia kadang lebih suka untuk bercerita, dibanding mendengar cerita orang lain. Kita itu sangat self-centric pada dasarnya. Coba saja, lihat hasil foto rame-rame di blackberry, dengan layar sekecil itu, pasti yang dicari diri sendiri dulu. Hehe. [...]
Posted On: 17 Mar 2014 ; Read: 4342 time(s)
Saat ini hidup sehat menjadi pilihan banyak orang. Beragam pilihan untuk hidup sehat, ditawarkan, terutama di kota besar. Makan sehat, olahraga, gaya hidup sehat, semua dilakukan semata untuk menjaga kesehatan dan kebugaran. [...]
Posted On: 03 Mar 2014 ; Read: 634 time(s)
Mungkin sebagian besar dari Anda telah memiliki perlindungan asuransi kesehatan. Hampir kebanyakan karyawan memilikinya karena fasilitas yang diberikan perusahaan (atau mungkin saja tidak?). Bagaimana dengan Anda yang belum memilikinya? [...]
Posted On: 03 Mar 2014 ; Read: 662 time(s)
Saya kilas balik saat lulus dari sekolah 18 tahun yang lalu (ah, waktu berlalu demikian cepatnya!) yang saya pikirkan waktu itu adalah 100% mencari pekerjaan. [...]
Posted On: 25 Feb 2014 ; Read: 605 time(s)
Salah satu buku favorit saya! Saya bilang ini adalah masterpiece buku selfhelp dari sekian banyak buku bagus yang beredar. [...]

 

Related Products

Comments
No Comments Found!
Write Comment
Your Name
Your Email Address
Your Comment Note: HTML is not translated! Enter the code in the box below:
Send
Beli Asuransi © copyright 2017. Supported by KGT