FEATURES


FEATURES


SEKILAS MENGENAI ASURANSI KENDARAAN

Sebagian besar dari Anda pasti sudah memiliki asuransi kendaraan untuk mobil atau motor Anda (atau mungkin truk usaha Anda!).

Pada intinya, ada 2 macam jenis pertanggungan asuransi kendaraan, Komprehensif (paket komplit) atau Total Loss Only (paket sederhana).

Komprehensif secara singkat adalah resiko-resiko kecelakaan, kehilangan dan lain-lain sesuai yang di atur dalam polis, ditanggung oleh perusahaan asuransi. Baik itu yang menyebabkan kerusakan sebagian atau kerusakan total.

Sementara, Total Loss Only, ya sesuai terjemahannya, hanya resiko atas kerusakan/kehilangan total yang diganti sesuai kontrak Anda.

Resiko yang bisa diasuransikan tidak terbatas pada kendaraannya saja ya, namun penumpang juga dapat menambah Perlindungan Kecelakaan Diri (bahasa asuransi-nya PA – Personal Accident).

Dan yang juga penting adalah, tambahan fitur jaminan terhadap kerugian pihak ketiga (lazim disebut TPL – Third Party Liability). Misalnya tertanggung (pemilik kendaraan yang diasuransikan)  menabrak orang sehingga menuntut biaya karena tanggung jawabnya, akan termasuk dalam biaya yang diganti asuransi.

Contoh :

Apabila mobil Anda ditabrak mobil lain dan pintu kanan depan penyok, maka asuransi TLO tidak akan mengganti kerusakaan tersebut. Namun dengan penutupan komprehensif,  resiko akan ditanggung. Tentu apabila semua peryaratan klaim dipenuhi ya.

Pada saat mengasuransikan kendaraan Anda, Anda harus memastikan, paling tidak 3 hal :

BENGKEL REKANAN

jangkauan layanan bengkel rekanan perusahaan asuransi pilihan Anda. Karena pada saat Anda ‘membeli’ asuransi mobil, sebetulnya yang Anda beli adalah penggantian pada saat klaim. Dan untuk asuransi kendaraan, layaknya normal untuk kendaraan, setiap terjadi sesuatu terhadap mobil Anda, Anda pasti akan langsung ke bengkel bukan? Jadi pastikan Anda nyaman dengan pilihan bengkel yang ada.


NOMOR PENTING PELAYANAN KLAIM DAN PROSEDUR LAYANAN

Pastikan Anda memiliki paling tidak nomor penting customer service perusahaan asuransi, dan prosedur mudah berupa petunjuk apa yang Anda harus lakukan apabila, apes-apes resiko terjadi. Kebanyakan nasabah tidak memiliki informasi awal apapun, dan pada akhirnya, bingung pada saat resiko terjadi.

TANGGAL POLIS BERAKHIR

Dari pengalaman saya pribadi, kalau saya tidak menggunakan reminder, maka resiko yang saya asuransikan expire begitu saja. Untung perusahaan asuransi selalu mengirim reminder pembaharuan atau renewal. Namun lebih baik setiap Anda menerima polis Anda, segera catat di kalender gadget Anda kapan polis berakhir, dan beri waktu satu bulan untuk alarm sebagai pengingat.

KENALI HAL-HAL PENTING DALAM POLIS.

Dalam polis ada resiko sendiri, atau bagian dari kerugian yang pemilik kendaraan akan keluarkan sendiri. Terdapat pengecualian normal seperti mobil dilarikan sopir, mesin aus dan sejenisnya.


Apabila syarat-syarat dan kewajiban serta kelayakan klaim terpenuhi, perusahaan asuransi tentu akan menanggung resiko yang dijamin.

Sudahkah Anda asuransikan kendaraan Anda?

Mari berasuransi!

Asuransi Kecelakaan Diri

Asuransi Kecelakaan Diri

Asuransi Kecelakaan Diri

Beli Asuransi © copyright 2017. Supported by KGT